Sejarah Psikologi Islam

Dalam rangka pembentukan dan pembukaan Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin telah melaksanakan seminar sehari dengan tema: “Program Studi Psikologi Islam untuk Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari Banjarmasin” pada tanggal 12 Desember 2007. Seminar ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan menghimpun pendapat/pandangan stakeholder dan masyarakat tentang jurusan Psikologi Islam serta urgensi Fakultas Ushuluddin untuk membuka jurusan ini.

Para peserta seminar selama satu hari tersebut menganggap perlunya dibuka jurusan ini. Adapun rekomendasi dari seminar tersebut adalah:

  1. Lulusan Psikologi Islam sangat diperlukan untuk mendampingi umat menghadapi permasalahan di masyarakat.
  2. Peserta mendukung penuh pembentukan Jurusan Psikologi Islam.
  3. Segera membenahi dan melengkapi persyaratan yang diperlukan.
  4. Segera mengajukan proposal pembentukan Jurusan Psikologi Islam.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Ushuluddin saat itu telah mengeluarkan SK Nomor 106 tahun 2007 tertanggal 6 November 2007 tentang Tim Pembentukan Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari yang diketuai oleh Drs. H. Abdurrahman Jaferi, M.Ag dan Wakil Ketua Dra. Siti Faridah, M.Ag dengan segenap anggota Tim bekerja untuk membuat proposal di maksud. Proposal pembentukan Jurusan Psikologi Islam tertanggal 18 Maret 2008 segera disampaikan ke Departemen gama untuk mendapatkan izin penyelenggaraan.

Selanjutnya, Jurusan Psikologi Islam (PI) yang merupakan salah satu dari empat jurusan yang ada di fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin mendapatkan izin dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam.. Pembukaan prodi ini berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: DJ.I/306/2008 tentang Pembukaan Program Studi (S1) pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) tahun 2008 tanggal 04 September 2008.

Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIn Antasari Banjarmasin adalah satu-satunya Jurusan Psikologi yang ada di Kalimantan. dalam usia nya yang kurang lebih 9 tahun ini, jurusan ini mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan dilihat dari berbagai aspek. hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, mulai dari pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, perangkat jurusan, para dosen, karyawan, para mahasiswa dan semua pihak yang terlibat di dalamnya.